Alur Permohonan Pendaftaran Merk

Bagaimana cara mengajukan permohonan pendaftaran Merek?

  1. Mengajukan permohonan pendaftaran dalam rangkap 2 yang diketik dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan formulir permohonan yang telah disediakan yang memuat:
    1. tanggal, bulan dan tahun permohonan;
    1. nama lengkap, kewarganegaraan, dan alamat pemohon;
    1. nama lengkap dan alamat kuasa, apabila pemohon diajukan melalui kuasa;
    1. warna-warna apabila Merek yang dimohonkan pendaftarannya menggunakan unsur-unsur warna;
    1. nama negara dan tanggal permintaan pendaftaran Merek yang pertama kali dalam hal permohonan diajukan dengan hak prioritas.
  2. Surat permohonan pendaftaran Merek dilampiri dengan:
  3. fotokopi KTP, sedangkan bagi pemohon yang berasal dari luar negeri sesuai dengan ketentuan undang-undang harus memilih tempat kedudukan di Indonesia, biasanya dipilih pada alamat kuasa hukumnya;
  4. fotokopi akte pendirian badan hukum  yang telah disahkan oleh notaris apabila permohonan diajukan atas nama badan hukum;
  5. fotokopi peraturan pemilikan bersama apabila permohonan diajukan atas nama lebih dari satu orang (Merek kolektif);
  6. surat kuasa khusus apabila permohonan pendaftaran dikuasakan;
  7. tanda pembayaran biaya permohonan;
  8. 10 helai etiket Merek (ukuran maksimal 9×9 cm, minimal 2×2 cm);
  9. surat pernyataan bahwa Merek yang dimintakan pendaftaran adalah miliknya.

Selain itu pendaftaran paten juga dapat dilakukan melalui laman https://merek.dgip.go.id/ dengan panduan pendaftaran dapat dilihat pada https://merek.dgip.go.id/doc/PermohonanOnline.mp4

Sumber: dgip.go.id

Buy now